Selasa, 16 September 2014

Tanaman Venus Fly Trap (Insektivora venus)

          Nih, ada tanaman insektivora alias pemakan serangga. tanaman ini cantik sekali dengan warna yang sangat menarik dan bentuk yang unik. tanaman ini memiliki seperti duri pada daunnya.


(Tanaman Venus Fly Trap)

Tumbuhan penangkap serangga, disebut juga penangkap lalat Venus, atau Venus Fly traps, dalam bahasa ilmiah dinamakan Dionaea muscipula. Tumbuhan Dionaea muscipula adalah tanaman karnivora yang dapat menangkap dan mencerna mangsa hewan dari serangga dan laba-laba. Struktur perangkap dibentuk oleh bagian masing-masing daun tanaman, dipicu oleh rambut-rambut kecil pada permukaan daun. Ketika suatu serangga atau laba-laba merayap di sepanjang daun kontak rambut, perangkap menutup jika rambut terinjak dalam waktu dua puluh detik. Hewan yang dimangsa Dionaea berupa semut 33%, laba-laba 30%,  kumbang 10%, dan belalang 10%, dengan kurang dari 5% serangga terbang.
Tumbuhan penangkap lalat Venus adalah tanaman kecil yang mempunyai 4-7 daun, muncul dari batang bawah. Setiap batang mencapai ukuran maksimum sekitar tiga sampai sepuluh sentimeter, tergantung pada umur; daun dengan perangkap yang kuat biasanya terbentuk setelah berbunga. Tumbuhan Venus Fly traps yang memiliki lebih dari 7 daun akan membentuk koloni atau rumpun.

Mekanisme mengatupnya daun penangkap serangga
        Daun dibedakan menjadi dua, daun datar berbentuk hati untuk fotosintesis dan memiliki tangkai daun. Sepasang  daun berengsel di pelepah, membentuk perangkap yang merupakan daun sejati. Permukaan atas daun mengandung pigmen merah antosianin dan bagian tepi yang mensekresi lendir. Gerakan menutup terjadi ketika dirangsang oleh injakan serangga. Mekanisme menjebak adalah mangsa tersandung saat kontak salah satu dari tiga rambut seperti trikoma yang ditemukan pada permukaan atas. Mekanisme menjebak sangat khusus, dapat membedakan antara mangsa yang hidup dan rangsangan non mangsa seperti air hujan yang turun. Tepi-tepi rongga daun perangkap dibatasi oleh tonjolan rambut yang  kaku atau silia, digunakan mencegah mangsa besar dari melarikan diri.
    Lubang-lubang dipinggir daun perangkap memungkinkan mangsa kecil untuk melarikan diri, mungkin karena manfaat yang akan diperoleh dari mereka akan kurang dari energi mencerna mereka. Jika mangsa terlalu kecil dan kabur, perangkap akan dibuka kembali dalam waktu 12 jam. Jika mangsa bergerak di dalam perangkap, maka perangkap mengencangkan diri dan pencernaan dimulai lebih cepat. Kecepatan penutupan dapat bervariasi tergantung pada jumlah kelembaban, cahaya, ukuran mangsa, dan kondisi pertumbuhan umum.
   Ketika tumbuh dari bibit, tanaman memakan waktu sekitar empat sampai lima tahun untuk mencapai kematangan, dan akan hidup selama 20 sampai 30 tahun jika dibudidayakan di kondisi yang tepat.
Mekanisme Mengatup

Kenali habitat asli dari si Venus

1. Cahaya, dia tumbuh di Amerika Utara yang notabene intensitas cahaya matahari nya berbeda dengan Indonesia, saya melihat banyak penghobi di Indonesia salah mengartikan hasil search google full sun , dan akibatnya daun venus jadi gosong terpanggang matahari, idealnya untuk Indonesia hanya matahari pagi 1-2 jam, atau cukup dibawah naungan pohon. TIPS untuk venus baby saya pelihara di bawah lampu neon dengan jarak 20cm dengan durasi 8jam penyinaran konstan, tumbuh sehat kok dan kenyang.

2. Watering, No mineral please, jangan sekali kali menyiram si Venus dengan air PDAM, atau air lainnya yang mengandung mineral, kembali ke habitat aslinya si Venus ini tumbuh di tempat yang lembab dengan kandungan minim mineral dan unsur hara. Pemberian pupuk, air PDAM dapat membunuh venus dalam 3 hari. Terpaksa saya rekomendasikan air kemasan CLEO jangan yang lain. Air hujan bisa dipakai juga apabila ada. Untuk yang punya ratusan tanaman seperti saya hehehehe membeli mesin RO wajib hukumnya.

3. Media tanam, banyak pilihan media tanam untuk venus ini tapi saya merekomendasikan sphagnum moss, karena mampu menahan air lebih banyak, si Venus ini suka lingkungan lembab jadi pas dengan sifat moss yang menyimpan air, kalau pakai tanah bisa ngga ? stupid question, tanah mengandung mineral jadi dipastikan venus mati.

TIPS: saya membiarkan lumut, dan rumput kecil tumbuh bersama venus dengan harapan apabila ada bahan organik yang timbul akibat pembusukan daun, akan di ambil oleh tanaman lain, atau bahasa kerennya life cycle gitu.

4. Makanan, nah ini bagian serunya apa makannya?, berapa banyak?, berapa sering? STOP saya bahas satu -satu ya dalam format tanya jawab aja deh.

Ciri-ciri tumbuhan venus 
     Tumbuhan yang memiliki nama latin Dioneae muscipula ini mempunyai bentuk daun mirip dengan buku yang terbuka, bagian dalam dari tumbuhan venus memiliki warna merah yang menawan dan hal ini mampu menarik perhatian serangga yang ada disekitarnya. Selain itu pada bagian tengah daun venus mengeluarkan kelenjar / cairan dan bau sedap yang membuat serangga semakin penasaran untuk menghinggapinya.
         Ketika serangga hinggap diantara permukaan daun maka sistem sensor pada tumbuhan venus akan mengaktifkan sistem elektrik rumit sehingga daun tersebut akan menutup rapat-rapat, gerakan serangga yang ingin membebaskan diri dari dalam daun tersebut menjadikan daun semakin mengapit erat. Tak jarang serangga yang tak bisa lolos dari jeratan tumbuhan venus.

Merawat Venus Flytrap
Perawatan VFT
1. Rendam Pot tingginya sekitar ¼ ukuran pot
2. Air yang digunakan harus bebas mineral atau mineralnya sedikit. Air Rendaman bisa : Air AC, air RO, air hujan, atau air mineral merk Vit(sudah terbukti)
3. VFT suka akan Matahari. Tetapi untuk tanaman yang baru datang penyinaran harus bertahap
4. dan bila sedang dilakukan penyinaran harus ada air rendaman, media jangan sampai kering
5. Kalau saya sendiri untuk vft yang penting mataharinya terang aja. Dan saya letakkan tidak di matahari langsung. Karena ada beberapa jenis yang kurang kuat dipaparkan matahari langsung sehingga gosong. Itu mungkin karena matahari ditempat saya terlalu terik. Dan juga kelembapan hilang.
6. Media VFT dan drosera adalah peatmoss atau spagnum moss, peatmoss bisa dibeli di ace hardware dan kalau spagnum moss (lumut mati) bisa dicari di toko yang jual anggrek

LARANGAN UNTUK VFT
1. Jangan dipupuk apapun baik pupuk buatan atau pupuk alami
2. Jangan pakai air dengan mineral tinggi
3. Jangan dimainin trapnya dan jangan disiram dari atas !!!

MAKANAN YG BAGUS UNTUK VFT
1. Serangga berkulit lunak (lalat, laron, rayap, semut, ulat hongkong)
2. Putih telur rebus
3. Daging udang cincang (dikupas dulu udangnya)
4. Ikan cere (yg kecil saja)
5. Gula Pasir

PENYAKIT VFT
1. Bercak2 hitam, busuk mendadak
VFT nya 90% kemungkinan kena jamur. Solusinya : cabut semua tumbuhan dalam pot yg sama, potong bagian yg menghitam / busuk. bersihkan dengan air bersih (air sumur oke, asal jangan air PAM), lalu rendam dengan larutan fungisida yg sudah dilarutkan sesuai takaran selama lima menit. Lalu bersihkan dengan air bersih mengalir hingga bersih. Tanam kembali dengan media yg baru.

2. Daun memanjang, trap mengecil
Medianya padat, itu ciri2 VFT minta ganti media. Ternyata bukan karena pengaruh sinar matahari. Caranya ya vft dikeluarkan dari media, lalu media tsb digemburkan kembali / diaduk2 supaya sirkulasi udara kembali baik. Tanam kembali.

3. Trapnya busuk
Salah makan, biasanya makanan yg gak sesuai dengan VFT (banyak lemak), salah satu bulu trapnya terjepit lalu dicerna, kena jamur (lihat no1), dan yg terpenting : sudah habis jatah buka tutupnya.

Semoga bermanfaat ^_^
Tanda-tanda kebesaran Allah, begitu semurna dan luar biasa. Allahu akbar 

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata. (QS. Huud, 11:6)

Sumber :
http://kebunbibit.com/en/blog/post/perawatan-venus-fly-trap
http://www.diwarta.com/2012/03/09/pengertian-tumbuhan-venus-insektivora-flytrap.html





13 komentar:

  1. Jadi air mineral yg merknya C & V itu bisa ya sist, terus butuh brp lama kalo dari biji hingga tumbuh? Kira2 sist ada rekomend yg jual?

    BalasHapus
  2. Iya sudah terbukti,klo lama pertumbuhan itu tergantung perawatan, media tanam dan jumlah hara yang ada pada media tanam juga mempengaruhi pertumbuhan. bisa di beri pupuk hayati biar pertumbuhannya maksimal.
    setauku gitu sih ^_^
    klo yang jual belum tau ya coba googling deh

    BalasHapus
  3. Pengen bgt tapi gk tau total cara merawat nya.teori mmbantu sih tpi msih gk brni.brapaan satu nya emang?

    BalasHapus
  4. Artikel yg bernas. Terimakasih

    BalasHapus
  5. 1 bulan belum tentu tumbuh kalo dari biji

    BalasHapus
  6. Saya beli dari biji 10 hari lebih sdh berkecambah

    BalasHapus
  7. Saya beli dari biji 10 hari lebih sdh berkecambah

    BalasHapus
  8. Kita ada yg jual minat wa 082280484556

    BalasHapus
  9. Kita ada yg jual minat wa 082280484556

    BalasHapus
  10. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  11. Sebaiknya menggunakan wadah pot atau wadah bening?
    Nah pas di semainya harus ditutup pakai plastik transparan?

    BalasHapus
  12. Kak maksudnya air Cleo yang logonya warna oranye?

    BalasHapus