Rabu, 27 Agustus 2014

PERBAIKAN DIRI

Assalammu'alaikum Wr. Wb.


     Disini saya akan membahas tentang pengalaman saya  dan semoga bermanfaat buat teman-teman. Judul Perbaikan diri saya buat karena saya ingin share dengan semua orang tentang bagaimana kita merubah diri kita. Mungkin yang semula ibadahnya sering lalai, atau hanya sekedar beribadah untuk melunturkan kewajiban saja. Nah, disini kita akan share bagaimana langkah-langkah untuk memperbaiki diri kita.
Banyak Faktor yang mempengaruhi kita dalam menjalani hidup di dunia ini, faktor positif pasti akan membawa kebaikan dan faktor negatif pasti tidak baik buat kita. Namun ketika kita bisa mengalahkan faktor negatif yang ada pada diri kita maka kita akan lebih pandai dalam bersikap, jika kita pandai dalam mengambil hikmah dari kesalahan yang pernah kita lakukan insyaallah kebaikan akan kita dapatkan. 
Pastinya semua manusia itu pernah melakukan kesalahan. sesuai dengan hadist yang pernah baca yaitu "Sesunggunya manusia itu tempatnya salah dan lupa sebaik-baiknya kesalahan adalah dengan bertaubat kepada Allah". Mungkin saat ingin kembali memperbaiki hubungan sama ALLAH SWT, pernah ada pikiran apakah saya akan di maafkan atas segala kesalahan saya? Apakah shalat saya akan di terima? Atau Apakah saya sudah tidak bisa dengan dengan Allah lagi? banyak pikiran buruk yang terbelesit pada Allah dan bahkan kita menunggu-nunggu waktu yang tepat untuk melakukan pendekatan kepada Allah padahal semua waktu itu adalah baik. Namun kita harus berpikir ulang bahwa Allah itu Maha Pengasih, Maha Pemaaf dan Maha Penyayang.

Menurut hadist Qutsi menjelaskan tentang berpikir positif :

Disini sudah jelas bahwa kita di anjurkan untuk memiliki prasangka baik kepada Allah, karena suatu keyakinan yang ada dalam pikiran kita itu Insyaallah akan terjadi. Sehingga kita harus selalu berpikir positif terhadap Allah SWT. 

Dengan  niat, keyakinan, keteguhan dan semangat untuk menjadi priadi yang lebih baik kita pasti akan di tunjukkan berbagai macam hal yang akan membawa kebaikan untuk diri kita. Niat itu sangat utama bagi kita dalam melaksanakan sesuatu, seperti hadist dari Bukhari bahwa "Sesungguhnya amal-amal itu tergantung pada niatnya. dan sesungguhnya setiap orang hanya akan memperoleh apa yang diniatkan". Sudah jelas pada hadis itu, bahwa kita akan memperoleh kebaikan jika kita berniat baik, apalagi di sertai keyakinan dan keteguhan hati serta semangat untuk merubah diri kita, insyaallah Allah akan menunjukkan jalan kapada kita.

Selain itu kita juga harus melakukan action untuk meperbaiki diri kita, Langkah yang pertama adalah Shalat Taubat dan dengan sepenuh hati memohon maaf atas segala kesalahan yang pernah kita lakukan serta berjanji tidak akan melakukan kesalahan itu lagi. Hadist Riwayat Bukhari menyebutkan :


Nah, dari sini kita bisa ketahui bahwa Rasulullah SAW saja lebih dari tujuh puluh kali dalam satu hari dalam bertaubat, bagaimana dengan kita yang dosanya lebih banyak dari Rasulullah? Berapa banyak kita harus bertaubat kepada Allah?. Dengan ini kita harus sadar bahwa dosa kita sangatlah banyak, entah bagaimana kita bisa menghapus semua dosa kita. tapi sudah ditunjukkan bahwa kita bisa bertaubat karena Allah selalu membukakan pintu taubat kepada umatNya. 

Dengan bertaubat itu kita harus perbaiki ibadah kita, shalat lima waktu harus kita laksanakan dan lebih baiknya lagi kita bisa menunaikan sunah yang dilakukan Nabi agar kita senantiasa dekat dengan Nya dan selalu mendapat rahmat Nya. Aamiin Ya Robbal Alamin

Demikianlah postingan saya, jika ada salah dan kurangnya mohon maaf, dan mari kita perbaiki bersama. Semoga kita senantiasa hidup dalam iman dan islam. Semoga kita lebih pandai dan cermat dalam bersikap agar tidak menyesal dan mengulangi kesalahan kembali. Insyaallah Aamiin ya robbal alamin 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar